Review: The Essentials of Physics 3


The Essentials of Physics 3
For Grade IX of Junior High School
And Islamic Junior High School

Judul buku      : The Essentials of Physics 3
For Grade IX of Junior High  School
And Islamic Junior High School
Penulis             : Daroji, Haryati
Penerbit           : Tiga Serangkai
Tahun              : 2010
Tebal               : 246 halaman

 
 









Fisika adalah satu dari tiga bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buku The Essentials of Physics 3 ini berisi materi pembelajaran bagi peserta didik SMP kelas IX.
Buku ini memiliki keunggulan, di antaranya :
  1. Kesesuaian materi dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
  2. Kebenaran, keluasan, dan kedalaman materi
  3. Ke-up to date-an materi
  4. Keseimbangan ke seluruh aspek pembelajaran (kognitif, afektif, dan psikomotorik)
  5. Kebahasan, keterbacaan ,dan kemudahan materi untuk dipahami siswa
  6. Performance fisik buku.
Buku ini juga menyajikan bahasa secara bilingual, yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang disusun agar peserta didik dapat menguasai sekaligus mengenali serta memahami istilah-istilah fisika dalam bahasa Inggris. Ada tujuh bab materi pembelajaran dalam buku ini. Setiap bab memiliki tiga hingga tujuh subbab.
            Bab pertama menjelaskan tentang listrik statis. Muatan listrik statis terjadi karena adanya peranan elektron yang ada pada tiap atom zat. Adapun alat yang berfungsi untuk mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak bernama elektroskop.
            Bab kedua membahas tentang listrik dinamis. Setiap konduktor arus listrik pasti mempunyai hambatan tertentu, ini terdapat dalam hukum Ohm.
            Pada bab ketiga buku ini menjelaskan sumber tegangan, energi, dan daya listrik. Energi listrik memiliki kelebihan dibandingkan dengan energi lain karena mudah diubah menjadi bentuk energi lain.
            Bab keempat mempelajari tentang kemagnetan. Magnet dapat dibuat dengan cara induksi, menggosok, dan elektromagnet.  Cara menghilangkan sifat magnet dengan cara dibanting, pukul, panaskan, dan diputuskan arus listriknya.
            Bab kelima menjelaskan tentang induksi elektromagnetik. Kabel-kabel transmisi mengalirkan tenaga listrik ke tempat-tempat jauh menggunakan tegangan tinggi untuk memperbesar efisiensi. Untuk menurunkan tegangan ke rumah atau menaikan tegangan ke pabrik industri digunakan alat bernama transformator.
            Bab keenam mempelajari tata surya, matahari, dan bumi. Matahari sebagai pusat tata surya. Planet beredar mengitari matahari melalui jalur-jalur tertentu berbentuk elips yang disebut orbit.
            Bab ketujuh menjelaskan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Substansi berubah dari satu bentuk ke bentuk lain karena pengaruh suhu dan tekanan. Zat padat, cair, dan gas adalah substansi penyusun bumi.
            Penulis menyusun buku The Essentials of Physics 3 ini agar menjadi panduan dalam mempelajari fisika. Susunan pada setiap bab diawali dengan pendahuluan yang terdiri atas kalimat pembuka berupa permasalahan sehari-hari, tujuan pembelajaran, peta konsep dan kata-kata kunci.
Buku ini juga menyajikan informasi tambahan dalam bentuk Fakta Ilmiah. Tugas dan aktifitas siswa di sajikan dalam bentuk Tugas Individu, Interaksi, Selidik, dan Proyek Sains. Di akhir bab ada Glosarium dan Indeks. Penyajian materi dalam buku ini menggunakan bahasa yang menarik. Gambar-gambar juga disajikan berwarna. Dengan demikian, siswa akan mudah mengingat materi yang disampaikan oleh penulis.

Ardhiyan Kurnia Ramadhany (04/9D)
SMP N 1 Kebumen 2010/2011

0 comments:

Post a Comment