MENULIS ESAI: SENYUM CERIA


Senyum Ceria 

          
              Tersenyum bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah suatu kebiasaan yang sudah membudaya karena Indonesia dikenal oleh negarawan asing dengan orang-orangnya yang ramah. Lalu apa yang dimaksud dengan senyum ceria? Senyum ceria dituliskan sebagai judul esai ini dikarenakan orang yang tersenyum akan membuat orang yang disekitarnya bahagia. Namun, kita juga harus tahu keadaan yang tepat untuk tersenyum. Setidaknya apabila bertemu orang yang kita kenal maka tersenyumlah dan hal itu akan membuat dia merasa senang karena ada seseorang yang telah menyapanya dengan ramah. Senyum mungkin bagi Anda adalah hal yang sederhana dan mudah untuk dilakukan, tetapi terkadang tersenyum menjadi sangat sulit dilakukan pada saat-saat tertentu. Itu dikarenakan senyum lebih banyak dikaitkan dengan perasaan hati, kondisi jiwa, dan mood seseorang. Tersenyum pun diketahui dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan berbagai macam manfaat positif lainnya.
            Tersenyum membuat wajah kita terlihat lebih muda. Penelitian baru negara Belanda pada 481 peserta yang membuat berbagai bentuk wajah untuk mengekspresikan emosi yang berbeda, menemukan bahwa berdasarkan hasil komputerisasi dan perkiraan dari orang lain, peserta yang tersenyum tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya. Itu dikarenakan senyum dapat melenturkan kulit wajah dan otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat kita terlihat lebih muda. Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, maka berikan senyum Anda sepanjang hari, maka Anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.
            Senyuman dapat memprediksi panjangnya usia. Sebuah penelitian tahun  2010 menunjukkan korelasi kekuatan senyuman 150 pemain Major League Baseball dengan panjang usia mereka. Penelitian didasarkan pada 150 foto-foto mereka dari tahun 1952. Mereka yang dianggap memiliki senyum  asli berseri memiliki hidup rata-rata selama 80 tahun. Mereka yang hanya setengah tersenyum, hidup sampai sekitar usia 75 tahun. Sisanya yang sama sekali tidak tersenyum masuk dalam kelompok usia 72. Tentu saja senyum itu sendiri tidak menyebabkan umur panjang, tulis Psychology Today dalam situsnya, tetapi dengan tersenyum menunjukkan bagaimana orang-orang menjalani hidup mereka.
            Senyum juga dapat membuat kita lebih menarik dan membuat orang lain ikut tersenyum. Ketika seseorang tersenyum  maka senyum tersebut akan membuat suasana lebih cerah, mengubah orang lain yang ada disekitarnya dan membuat orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada disekitarnya. Sering tersenyumlah maka Anda akan disukai oleh banyak orang. Itu juga dikarenakan orang yang tersenyum memiliki daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut atau cemberut membuat orang menjauh dari kita, tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.
             Kemudian, senyum dapat membuat kita untuk selalu berpikir positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan tes sederhana berikut. Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Bagaimana? Sulit kan? Ini dikarenakan senyum dapat mengurangi beban pikiran. Senyum mengubah mood  kita menjadi ke arah yang lebih baik. Dengan begitu, senyum akan mencegah kita untuk bertingkah laku buruk.
            Selain itu, penelitian HealthDay News dan studi dari University of Kansas menemukan bahwa tersenyum selama mengerjakan tugas yang berat mencegah datangnya stress. Bahkan ketika kita memaksa untuk tersenyum, itu sudah membantu kita terhindar dari stress. Sementara senyum yang tulus menangkal lebih banyak lagi datangnya stress. Lebih baik senyum terpaksa daripada tidak sama sekali.
            Apabila Anda termasuk orang yang jarang tersenyum, maka sudah seharusnya Anda mencoba untuk membiasakan tersenyum. Dengan begitu akan ada perubahan positif pada diri Anda dan orang sekitar Anda. Akan tetapi, gunakan senyuman pada saat yang tepat. Kapan kondisi yang tepat untuk tersenyum? Pastinya saat kita bertemu orang yang kita kenal, sebagai contoh ketika kita bertemu guru kita di jalan, maka hendaknya kita menyapa beliau sembari tersenyum. Contoh lain adalah ketika kita sedang bergurau dan bercanda bersama teman-teman. Jangan tersenyum ketika mendengar kabar duka atau musibah karena bisa-bisa Anda digampar massa. Senyum-senyum sendiri juga berbahaya karena bisa saja Anda dimasukkan ke RSJ karena disanggap orang yang lewat sebagai pengidap penyakit kejiwaan.
            Kebanyakan orang memang tersenyum untuk menampilkan kebahagiaan dan rasa senang. Senyum adalah ibadah, menjalankan sesuatu dengan senyum selain bermanfaat baik buat hubungan sekitar. Senyum adalah jarak yang terdekat antara dua manusia. Maka dari itu, dapat kita katakan bahwa kebahagiaan seseorang dimulai dengan senyuman.
            Uraian di atas menunjukkan bahwa tersenyum memiliki banyak efek samping positif. Ternyata, banyak fakta menarik dari tersenyum yang sebelumnya kurang kita ketahui. Dengan tersenyum kita telah berusaha untuk menjalani hidup dengan dipenuhi rasa syukur dan bahagia. Dan perlu diingat, awal kebahagiaan adalah senyuman. So, keep smile!

1. Judul           : Senyum Ceria
2. Topik           : Tersenyum dan berbagai manfaatnya
Kerangka Esai
1. Paragraf pembuka   :
-Pengertian senyum ceria
2. Paragraf isi              :
-Senyum dapat  membuat wajah terlihat lebih muda
-Senyum dapat memprediksi panjangnya usia
-Senyum dapat membuat kita terlihat lebih menarik
-Senyum dapat membuat kita untuk selalu berpikir positif
-Senyum mencegah datangnya stress
-Keadaan yang tepat untuk tersenyum
-Senyum menampilkan kebahagiaan dan rasa senang
3. Paragraf penutup     :
-Senyum sebagai awal dari kebahagiaan        

Created by : Ardhiyan Kurnia Ramadhany XII IPA 2013/2014

            

0 comments:

Post a Comment