Resensi Novel Saat Aku Mengingat Tuhan


Hutang  Berujung Tobat

 

Judul Novel     : Saat Aku Mengingat Tuhan
Penulis             : Denisa Prameswari Rosandria
Penerbit           : Departemen Agama
Tebal               : 128 Halaman

            Buku ini menggambarkan kisah seorang penulis Astrid Nur Taiyou yang berusia 17 tahun . Dia sedang bermasalah dengan ketiga sahabat baiknya Mary , Raisha . dan Ratna  . Astrid berhutang sampai 7 juta kepada ketiga sahabatnya .  Dia tidak mungkin mengadukan masalahnya kepada orang tuanya , bisa-bisa dia dikirim ke sekolah militer . Akhrnya ia meminta bantuan kepada Paman Rama . Paman Rama pemilik perusahaan penerbitan yang sering membantu Astrid untuk menampilkan karya-karya tulisnya .
            Paman rama menawarkan bantuan kepada Astrid semua hutangnya tanpa memberi tahu orang tuanya . Dengan syarat Astrid harus membuat novel pembangun jiwa dalam waktu satu bulan . Astrid bingung karena belum pernah membuat novel pembangun jiwa , saat Astrid bingung memikirkan hal tersebut , tidak sengaja ia bertemu dengan Novia , teman sekelasnya yang tidak pernah ia anggap . Dari pertemuan itulah , ia mulai mendapatkan pencerahan . Bukan saja untuk membuat novelnya tapi juga untuk hidupnya . Karena sejak dekat dengan Novia ,  tidak hanya Astrid yang rajin beribadah tetapi Mary juga mulai rajin beribadah seperti Astrid . Namun sebaliknya Ratna dan Raisha beranggapan bahwa Novia telah menghasut mereka .
             Kekurangan dari novel ini adalah ilustrasi kurang sesuai dengan cerita . Seperti yang terdapat pada halaman 7 . Namun kelebihanya kata-kata nya dan gaya bahasa yang sederhana membuat novel ini sangat mudah dipahami .
            Selain itu , novel ini juga sangat bermanfaat bagi remaja saat ini yang hidupnya selalu bergaya glamor . Serta dapat meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT



                                                                                                Kelompok 2 ( X1 IPA 3 )        :

1.      A. Safrizal                         ( 01 )
2.      Ardhiyan Kurnia R            ( 06 )
3.      Galih Renandi P.               ( 10 )
4.      Maya Afifah                     ( 18 )
5.      Maya Elfira C.                  ( 19 )

1 comments: